DIZAMAN ERA DIGITAL SEJUMLAH ANAK DI WALUYOJATI TETAP LESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL JAMAN DULU

08 Oktober 2020
Administrator
Dibaca 78 Kali
DIZAMAN ERA DIGITAL SEJUMLAH ANAK DI WALUYOJATI TETAP LESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL JAMAN DULU

Waluyojati.desa.id – Ditengah kemajuan teknologi sejumlah anak di Pekon Waluyojati tetap lestarikan permainan tradisional Jaman Dulu “Jadul”. Dimasa pandemi covid-19 mereka tidak hanya mengikuti perkembangan teknologi yang sedang terjadi dengan melakukan system pembelajaran dari rumah secara online, tetapi juga masih bisa memainkan permainan tradisional salah satunya "Bola Kasti". Dimana permainan ini membuat tubuh anak selalu aktif sehingga dapat meningkatkan imunitas. 

Pada saat ini di tahun 2020 perkembangan teknologi sudahlah sangatlah jauh melesat, banyak kegiatan-kegiatan yang di gantikan dengan digitalisasi. Salah satunya permainan.

Memang kini dunia sudah beralih ke Industri 4.0 Internet of Things (IoT) yang artinya Internet untuk segalanya. Dengan diiringi perkembangan Android yang sangat pesat dengan harga yang terjangkau, banyak kekurang dan kelebihan yang terjadi.

Salah satunya banyak anak-anak saat ini sudah lupa dengan bermain bersama-sama diluar rumah, mereka digantikan dengan permainan mobile yang dapat mengakibatkan kreatifitas anak sangat kurang, serta menyebabkan perkembangan anak terganggu. 

Permainan tradisional dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial. Permainan tradisional memiliki nilai-nilai karakter baik. Beberapa di antaranya seperti kemampuan menyelesaikan masalah, pantang menyerah, mengatur strategi dan berkompetisi. "Kemudian meningkatkan kemampuan komunikasi, dorongan berprestasi, pengendalian diri, dan ketelitian. Lalu konsentrasi serta kepemimpinan.

Hasil penelitian tentang pengaruh teknologi digital  seperti video gim dan komputer terhadap perkembangan anak. Permainan menggunakan media ini ternyata telah menunjukkan hasil yang konsisten. penggunaan internet dalam bermain gim atau gim daring secara potensial akan menimbulkan bahaya kesehatan fisik maupun mental. "Agresivitas merupakan salah satu efek yang berarti dari bermain online tersebut

Semoga kedepan permainan tradisional  dapat terus dilestarikan kepada anak-anak untuk melatih kreatifitas pada diri anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif serta belajar berinteraksi sosial dengan teman-temannya, hal ini tentunya sangat baik bagi perkembangan anak.